Tuesday 17 February 2009

Cara Lain Menginstal Wordpress di 000webhost Jika Fantastico Eror

Buat teman-teman yang menggunakan domain gratis dari CO.CC dan webhosting dari 000webhost, pasti kebingungan jika ingin menginstal script baru seperti Wordpress, Drupal, Joomla, dan beberapa script lainnya. Fantastico auto instaler yang menjadi andalan untuk menginstal cepat sebuah script, eror alias tidak bisa di gunakan lagi. Keadaan ini sudah berjalan sejak akhir tahun 2008 yang lalu. Hanya saja waktu itu, dikatakan bahwa 000webhost sedang mengupgrade fasilitas Fantasticonya dan akan efektif bulan Januari 2009 ini. Waktu itu saya sudah otak-atik cari akal agar bisa menginstal Wordpress favorit saya tanpa menggunakan Fantastico dan software semacam Filezila (soalnya saya belum paham benar Filezila ckakak…), dan untungnya berhasil. Saya pikir Januari ini fasilitas Fantastico sudah bisa digunakan, ternyata tidak.

Beberapa hari yang lalu saya iseng-iseng membuat blog Wordpress baru dengan menggunakan subdomain CO.CC dan 00webhost. Eh.., ternyata Fantasticonya masih di upgrade, dan kalau mau pakai Fantastico harus upgrade keanggotaan di 000webhost. Walah.., bayar dong, gak gratis lagi namanya. Terpaksa saya instal Wordpress di 000webhost dengan trik sederhana.

Buat teman-teman yang (khususnya) belum tahu cara ini, berikut saya bagikan caranya. Oh ya, ini gak menggunakan Filezila soalnya saya belum paham benar. Harap maklum. Oke deh, ini dia langkah-langkahnya.

Langkah Pertama

Login di 000webhost, lalu masuk ke control panel domain yang ingin di
instal Wordpress.

Klik MySQL, lalu buat database baru yang terdiri dari MySQl database name, username, dan password.

Setelah database baru di buat, kini kita akan masuk ke langkah berikutnya. Ada baiknya ada menyimpan rincian database yang anda buat ini di notepad, karena nanti akan di gunakan di langkah kedua.

Langkah kedua

Download Wordpress disini


Masuk ke File Manager anda di 000webhost.

Setelah anda masuk di File Manager, anda akan melihat sebuah directory bernama public_html. Jangan masuk ke directory itu. Di sini, anda harus mengupload Wordpress yang anda download tadi. Klik Upload, lalu upload melalui FTP server agar langsung terekstrak otomatis setelah di upload (perhatikan halaman upload ini, pilih metode upload yang terdapat di sebelah kanan layar)

Setelah terupload, klik tanda panah untuk kembali ke dokumen /root. Anda lihat, kini ada 2 directori yaitu public_html dan wordpress kan?

Tandai/centang directory public_html kemudian klik delete. Lha…, kok di hapus? Udah, tenang aja. Hapus aja pokoknya, jangan rewel ckikikik…

Setelah terhapus, kembalilah ke dokumen /root. Nah, tersisa directori wordpress aja kan? Kini, kita harus merubah nama direktori wordpress ini menjadi public_html. Tandai/centang direktori wordpress, lalu klik rename, lalu rubah namanya menjadi public_html lalu save/simpan dengan klik tanda centang warna hijau.

Buka direktori public_html ini, lalu cari file wp-config-sample.php, lalu klik edit. Masukkan data-data yang sudah anda ciptakan di MSql tadi di area-area sbb :

// ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define(’DB_NAME’, ‘DataBase Name‘);

/** MySQL database username */
define(’DB_USER’, ‘DataBase Username‘);

/** MySQL database password */
define(’DB_PASSWORD’, ‘Pasword‘);

/** MySQL hostname */
define(’DB_HOST’, ‘mysq hostname‘);

(tulisan yang saya beri warna merah adalah tulisan yang di ganti dengan MSql data), kemudian save/simpan dengan mengklik tanda disket di atas halaman.

Kembali dengan klik tanda panah, lalu tandai/centang wp-config-sample.php ini, lalu klik rename. Rubah namanya menjadi config.php kemudian simpan/save.

Setelah anda melakukan langkah langkah ini, anda sudah bisa kok log out dari 000webhost dan file manager anda (kalau mau log out, kalau gak juga gak apa-apa). Nah, kita baru saja separuh jalan menginstal Wordpress. Kini kita akan masuk ke langkah selanjutnya.

Langkah ketiga

Ketikkan alamat domain di mana anda mengupload Wordpress tadi.
Misalnya www.kedapkedip.co.cc. Akan muncul langkah terakhir penginstalan Wordpress yang berupa pengisian form nama blog dan email.

Isi form tersebut,kemudian klik Finish Instalation. (jika halaman ini tidak muncul dan hanya muncul tulisan enter website, berarti ada kesalahan dalam langkah pertama. Ulangi lagi langkah pertama ya).

Anda akan mendapatkan username admin dan paswordnya untuk login ke dashboard anda. Ini menandakan bahwa proses instal Wordpress di hosting gratisan 000webhost sudah selesai.

Nah, itu dia cara nyeleneh yang saya lakukan. Agak aneh ya?? Tapi daripada gak bisa instal hayoo ckakakak…

Selamat mencoba saudara…

No comments:

Post a Comment